Jumat, 26 September 2014

Ecoutez "Diantara Kata"


Rohul release

Pantas untuk dicermati, fenomena mendaur ulang lagu atau melakukan new arrangement sejak dekade 1990-an makin masif. Bukan saja lingkup di Indonesia, pun di dunia. Masih ingat peristiwa lagu bergenre country berjudul I Will Always Love You yang dinyanyikan Dolly Parton pada 1970-an, yang diaransemen ulang oleh David Foster pada 1992 dalam kemasan pop yang dinyanyikan kembali oleh Whitney Houston dalam album OST.The Bodyguard. Itu salah satu contohnya.

Pararel dengan fenomena tersebut, “sesuatu” yang menggugah kembali terjadi. Setidaknya, dalam catatan sejarah Musik Pop Indonesia, lagu Di antara Kata sudah mengalami re-arrangement tiga kali termasuk versi awal atau asli yang terdapat di dalam album solo ketiga Fariz RM bertitel Panggung Perak (1981). Lagu Di antara Kata versi awal bisa dikatakan suatu kesinambungan kesuksesan dari Fariz RM setelah lagu Sakura berhasil bertahan berminggu-minggu di tangga puncak hits radio seluruh Indonesia pada 1980. Pun demikian dengan lagu Diantara Kata yang mendapat request tinggi di sejumlah radio.

Berkaitan dengan lagu Diantara Kata, pada Agustus 2014 grup musik bergenre pop jazz Ecoutez! menyajikan lagu tersebut dengan kemasan yang khas dibalut hentakan musik medium beat, yang diselingi hiasan melodi gitar yang pas dan harmoni.

Ecoutez! Grup musik asal Jakarta ini berdiri pada 2005. Dalam rentang perjalanan karir musiknya, Ecoutez! pun mengalami pergantian formasi, yang lazim dialami sejumlah grup musik. Formasi awal Ecoutez! Terdiri dari Delia (Vokal), Jay (Drum), Ayi (Gitar), Leo (Bass), dan Iyas (Keyboard). Namun, sejak  16 Desember 2011, posisi Delia digantikan Andrea Lee yang juga seorang presenter, setelah melengserkan 39 peserta  audisi. Sekadar catatan ekstra, Tompi, Bibus Gruvi,dan Amar Maliq n d’Essential pernah menjadi bagian grup Ecoutez!

Menilik diskografi Ecoutez! tercatat cukup produktif.  Dalam rentang 2006 hingga 2008, vokalis Delia masih memperkuat formasi  Ecoutez! dengan merilis album bertitel Ekute (2006), yang bermakna suatu pelafalan sesuai nama Ecoutez! Album ini menghasilkan tiga singgel hits, yaitu Simpan Saja, Percayalah, dan Tunjuk Satu Bintang. Lalu tahun 2008, Ecoutez! Mengeluarkan album kedua, POSITIVe membuahkan lagu hits Maafkan (Tak Sempurna), Are You Really the One, dan Sakit. Sedangkan melalui album ketiga bertajuk eVOLUTION (2012), vokal Andrea Lee mulai mewarnai dengan lagu unggulan Jatuh Cinta dan  Sendiri.
Seperti disinggung di awal, dalam lagu Di antara Kata, Ecoutez!  berhasil mengemas lagu legendaris milik Fariz RM yang nge-hits di era awal 1980-an menjadi lagu bernuansa kontemporer, komunikatif, serta fresh, sesuai dengan kekhasan,gaya,dan personality Ecoutez!.#RohulMusik

0 komentar:

Posting Komentar